Senin, 23 April 2012


MAKANAN PENGUNDANG ASAM URAT
Oleh:  Ghobro info kesehatan
Purin merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk DNA dan RNA, komponen dari biomolekul ATP, GTP, AMP Siklik, NADH dan koenzim A serta sebagai neurotransmitter yang beraksi sebagai reseptor.Hasil metabolisme purin berupa asam urat.
Tubuh sudah menyediakan sendiri purin. Secara normal, tambahan purin yang dibutuhkan tubuh hanya 15% saja. Kalau terlalu banyak memakan makanan yang mengandung purin, maka kadar asam urat akan melebihi normal yakni di atas 7 mg/dl. Akibatnya, sendi ngilu dan bengkak. Sendi yang sering terkena adalah ibu jari kaki podagra.
MAKANAN YANG MENGANDUNG PURIN TINGGI
Makanan-makanan yang mengandung purin tinggi adalah :
·         Jeroan
·         Makanan dari laut
·         Ekstrak daging
·         Makanan kaleng
·         Makanan beralkohol
Di antara jeroan adalah hati, usus, limpa, jantung, paru, babat. Makanan laut di antaranya kepiting, cumi, kerang, tongkol, cumi-cumi, lobster, udang, remis, tenggiri. Ekstrak daging yang harus dihindari berupa kaldu, abon, dendeng, terasi. Makanan kaleng umpamanya sarden, kornet.
MAKANAN MENGANDUNG PURIN SEDANG
Daging sapi, kacang-kacangan, kol, bayam, kangkung, buncis, daun singkong dan daun pepaya.
MAKANAN MENGANDUNG PURIN RENDAH
Buah-buahan, sayur mayur, telur, susu dan keju adalah makanan yang mengandung purin rendah.

1.  Lemak
Orang yang mengalami gejala asam urat (ghout) juga harus membatasi konsumsi lemak karena lemak menghambat pengeluaran asam urat.
2.  Air
Penderita asam urat harus banyak minum air karena membantu mengeluarkan asam urat.
3.  Vitamin B
Mengkonsumsi vitamin B penting bagi penderita asam urat karena vitamin B dibutuhkan dalam metabolisme purin. Defisiensi asam folat dan Vitamin B12 merupakan salah satu merupakan penyebab hiperurikemia dan ghout.
MAKANAN YANG AMAN
Sumber karbohidrat, seperti beras/nasi, jagung, ubi jalar, dan kentang semua boleh diberikan.

Sumber protein hewani kecuali yang mengandung purin tinggi. Ikan air tawar seperti gurame, mujair dan ikan mas semua boleh dikonsumsi, ikan laut kecuali yang kandungan purinnya tinggi, daging atau ayam dan telur boleh dikonsumsi tapi dibatasi hanya 50 gr perhari.

Protein nabati seperti tempe dan tahu mengandung purin cukup tinggi, sebaiknya pengkonsumsiannya dibatasi sekitar 25-50 gr saja perhari.

Sayuran
 Pare, seledri, dan takokak merupakan sayuran yang sangat baik untuk artritis termasuk gout artritis/asam urat. sayuran lain seperti wortel, sawi, labu, selada, ketimun, dan lainnya sekehendak kecuali yang mengandung purin tinggi seperti yang telah disebutkan.

Buah
 Hampir semua buah-buahan baik dikonsumsi oleh penderita asam urat terutama yang mengandung air tinggi seperti semangka karena mempunyai efek diuretik yang dapat membantu mengeluarkan asam urat melalui urin. Buah-buahan yang lain juga dapat dikonsumsi kecuali durian, nenas, alpukat dan air kelapa karena buah-buahan tersebut di dalam usus dapat difermentasi menjadi alkohol.
Herbal
Selain memperhatikan pola makan agar terhindar dari serangan akut gout, juga dapat digunakan herbal yang berkhasiat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Herbal untuk mengatasi asam urat antara lain berkhasiat sebagai antiradang, menghilangkan nyeri, meningkatkan kinerja ginjal dalam pembuangan asam urat, peluruh kemih, dan mencegah terjadinya komplikasi pada ginjal dan organ tubuh lainnya.
Berikut herbal yang dapat digunakan untuk menurunkan asam urat.
1.Sambiloto (Andrographis paniculata)
2.Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus)
3.Akar Alang-Alang (Imperata cyllindrica)
4.Ceplukan (Physalis angulata)
5.Daun sendok (Plantago major)
6.Jahe merah (Zingiber officinale)
7.Pegagan (Centella asiatica)
8.Krokot (Portulaca oleracea)
9.Kunyit (Curcuma longa)
10.Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza)
11.Mengkudu (Morinda citrifolia)
12.Meniran (Phyllanthus urinaria)
13.Rambut Jagung (Zea mays L.)
14.Salam (Syzygium polyanthum)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar